Selasa, 16 Oktober 2012

Langkah-langkah manajer dalam mengelola sumber daya fisik dan sumnber daya konseptual



Pendahuluan
Pengertian manajemen menurut beberapa ahli sebagai berikut :
 Menurut M. Manullang (1983:15), manajemen yaitu fungsi untuk mencapai suatu tujuan melalui kegiatan orang lain, mengawasi usaha yang dilakukan individu untuk mencapai tujuan.
Menurut Georgy R. Terry, manajemen yaitu cara pencapaian tujuan yang telah ditentukan terlebih dahulu dengan melalui kegiatan orang lain.
. Menurut Stephen P.Robbins dan Mary coulter (1999:8), mamajemen adalah mengacu pada proses mengkoordinasi danmengintegrasikan kegiatan – kegiatan kerja agar diselesaikan secara efisien dan efektif dengan dan melalui usaha orang lain.
Pembahasan
Peran manajer dalam pengelolaan manajemen informansi  di bagi menjadi 2 sumber daya manajemen, yaitu:
1.      Sumber daya fisik                   : Man, Money, Manchine and Material
2.      Sumber daya konseptual         :  Informasi (termasuk data)
Peran manajer mengelola sumber daya ini agar dapat digunakan secara efektif. Sebagai tindak lanjut dari peran manajer maka perlu ada nya usaha penataan sumber daya termasuk didalamnya manajemen informasi yakni berupa :
a.       Sumber daya harus di susun seemikian rupa sehingga setiap saat di perlukan dapat segera dimanfaatkan dan perlu dilakukan modifikasi
b.      Sumber daya harus dimanfaatkan semaksimal mungkin
c.       Sumber daya harus selalu di perbaharui.
                      
Ø Sumber daya fisik

Sumber daya fisik biasa di kenal denagn 4M (Man, Money, Manchine and Material). Adapun tugas manager dalam mengelola sumberdaya fisik terdiri dari :

1)      Man adalah Manusia atau tenaga kerja yang sangan berperan dalam perusahaan.
2)      Money  (uang) sangat berperan dalam sebuah perusahaan dalam menyusun sebuah anggaran keuangan perusahaan, uang juga bisa mengukur sebuah perusahaan apakah perusahaan tersebut mengalami profit atau loss.
3)      Manchine adalah alat yang di gunakan untuk mengahasilkan produk sehingga dapat di lakukan secara efektif dan efesian dalam mengerjakannya.
4)      Material adalah bahan dasar atau produk yang di unggulkan dalam sebuah perusahaan.

Ø Sumber daya konseptual atau Informasi (termasuk data)

Sumber daya fisik akan di kelola setelah diperoleh, agar saat di perlukan sumber daya tersebut siap di pakakai secara maksimal, bila perlu di gtanti sebelum sumber daya tersebutmenjadi tidak efesien. Contoh penggantian sumber daya adalah upgrade mesin, rekuitme pegawai baru, dsb. Tugas manajer meliputi pengelolaan sumber daya fisik dan mencakup pengelolaan sumber daya konseptual. Dengan mendapatkan data mentah lalu mengelolanya sehingga menghasilkan informasi yang berguna, baru setelah itu memanfaatkan secara efektif untuk mengambil keputusan dan jika perlu mengganti informasi yang usang. Seluruh kegiatan tersebut memperoleh informasi , ,enggunakan seefektif mungkin dan membuangnya di saat yang tepat, hal ini di sebut manajemen informasi. Sebuah perusahaan yang mempunyai sumber daya fisik yang handal dikombinasikan dengan penggunaan sumber daya konseptual, maka perusahaan tersebut akan mampu bersaing dengan perusaah lainnya. Sumber daya konseptual dapat berupa informasi. Informasi adalah data yang mempunyai arti dan telah di olah.
Sumber daya konseptual yang mempunyai beberapa jenis sumber:
1.      Perangkat keras komputer (Hardware) : Hardware menunjukan peralatan komputer fisik dan alat-alat yang berhubungan
Hardware harus menyediakan 4 Fungsi umum :
1.Peralatan Input
2.Unit Pemrosesan (ALU & CU)
3.Penyimpanan Primer dan Sekunder
4.Peralatan output
2.      Perangkat lunak komputer (Software): software system dan aplikasi
Perangkat lunak system ada 3 :
1.Sistem operasi
2.Penerjemah Bahasa
3.Program Utility
3.      Prosedur/pedoman : Prosedur untuk membuat terapan menjadi operasional (formulir, petunjuk untuk peratur, petunjuk untuk pemakai, dan lain-lain).
4.      Model Manajajemen dan pengambilan keputusan.
5.      Spesialis informasi
6.      Pemakai
7.      Fasilitas
8.      Database
9.      Informasi

Kesimpulan
Manajemen informasi sangat diperlukan pada saat ini dengan manajemen informasi kita dapat berbagai manfaat positif antara lain adanya sistem SIA, SIM, SPK, Otomatisasi Kantor, Dan sistem pakar. Tetapi semua sistem tersebut tidak dapat berjalan tanpa adanya perangkat komputer. Disini komputer sangat berperan karena dapat memudahkan pekerjaan. Sebuah perusahaan yang mempunyai sumber daya fisik yang handal dikombinasikan dengan penggunaan sumber daya konseptual, maka perusahaan tersebut akan mampu bersaing dengan perusaah lainnya.


Daftar Pustaka

1 komentar: