Kamis, 05 Januari 2012

Pengenalan Sistem Manajemen Basisi Data


DBMS
Nama : Aninda Ulfa
Kelas : 2 DA 03
NPM : 49210225
Sistem manajemen basis data atau juga di sebut database management system, DBMS), atau kadang disingkat SMBD, adalah suatu sistem atau perangkat lunak yang dirancang untuk mengelola suatu basis data dan menjalankan operasi terhadap data yang diminta banyak pengguna. Contoh tipikal SMBD adalah akuntansi, sumber daya manusia, dan sistem pendukung pelanggan, SMBD telah berkembang menjadi bagian standar di bagian pendukung (back office) suatu perusahaan. SMBD merupakan perangkat lunak yang dirancang untuk dapat melakukan utilisasi dan mengelola koleksi data dalam jumah yang besar. SMBD juga dirancang untuk dapat melakukan masnipulasi data secara lebih mudah. Sebelum adanya BMS maka data pada umumnya disimpan dalam bentuk flatfile, yaitu file teks yang ada pada sistem operasi. Sampai sekarangpun masih ada aplikasi yang menimpan data dalam bentuk flat secara langsung. Menyimpan data dalam bentuk flat file mempunyai kelebihan dan kekurangan. Penyimpanan dalam bentuk ini akan mempunyai manfaat yang optimal jika ukuran filenya relatif kecil, seperti file passwd. File passwd pada umumnya hanya igunakan untuk menyimpan nama yang jumlahnya tidak lebih dari 1000 orang. Selain dalam bentuk flat file, penyimpanan data juga dapat dilakukan dengan menggunakan program bantu seperti spreadsheet. Penggunaan perangkat lunak ini memperbaiki beberapa kelemahan dari flat file, seperti bertambahnya kecepatan dalam pengolahan data. Namun demikian metode ini masih memiliki banyak kelemahan, diantaranya adalah masalah manajemen dan keamanan data yang masih kurang. Penyimpanan data dalam bentuk SMBD mempunyai banyak manfaat dan kelebihan dibandingkan dengan penyimpanan dalam bentuk flat file atau spreadsheet, diantaranya :
1. Performance yang idapat dengan penyimpanan dalam bentuk SMBD cukup besar, sangat jauh berbeda dengan performance data yang disimpan dalam bentuk flat file. Disamping memiliki unjuk kerja yang lebih baik, juga akan didapatkan efisiensi penggunaan media penyimpanan dan memori
2. Integritas data lebih terjamin dengan penggunaan SMBD. Masalah redudansi sering terjadi dalam DBMS. Redudansi adalah kejadian berulangnya data atau kumpulan data yang sama dalam sebuah database yang mengakibatkan pemborosan media penyimpanan.
3. Independensi. Perubahan struktur database dimungkinkan terjadi tanpa harus mengubah aplikasi yang mengaksesnya sehingga pembuatan antarmuka ke dalam data akan lebih mudah dengan penggunaan SMBD.
4. Sentralisasi. Data yang terpusat akan mempermudah pengelolaan database. kemudahan di dalam melakukan bagi pakai dengan SMBD dan juga kekonsistenan data yang diakses secara bersama-sama akan lebiih terjamin dari pada data disimpan dalam bentuk file atau worksheet yang tersebar.
5. Sekuritas. SMBD memiliki sistem keamanan yang lebih fleksibel daripada pengamanan pada file sistem operasi. Keamanan dalam SMBD akan memberikan keluwesan dalam pemberian hak akses kepada pengguna.

Kelemahan DBMS
1. Kompleksitas yang tinggi
2. Membutuhkan Media Penyimpanan yang besar
3. Dibutuhkan memory Komputer yang besar
4. Biaya & Harga SMBD yang Tinggi & Mahal
5. Dibutuhkan aplikasi Hardware yang Khusus
6. Dibutuhkan waktu yang lama untuk konversi sistem
7. Terkadang Kinerja SMBD Low Performance

8. Resiko Kegagalan cukup tinggi

SMBD digunakan oleh seorang databaseadministrator untuk mengidentifikasi struktur database, baikmembuat tabel baru, menentukan struktur penyimpanan tabel, modelrelasi antar tabel, validasi data, dan sebagainya

Contoh paketbahasanya diberi nama Structural Query Languange (SQL).c. Data Control Language, bagian ini berkenaan dengan caramengendalikan data, seperti siapa saja yang bisa melihat isi data,bagaimana data bisa digunakan oleh banyak user, dan lebih mengarahkesegi sekuritas data.

Microsoft Access Database
 Microsoft Access merupakan salah satu software pengolah database yang berjalan dibawah sistem windows. Microsoft Access merupakan salah satu produk Office dari Microsoft yang dapat menangani database dengan skala besar maupun kecil. Dalam pengolahan database, Microsoft Access ini memiliki sarana atau objek-objek yang dapat mempermudah pekerjaan bagi pengguna.
Microsoft Access 2002 yang untuk selanjutnya disingkat Access 2002 merupakan salah satu program aplikasi basis data (database) paling lengkap dan canggih untuk saat ini, yang digunakan untuk merancang, membuat dan mengelola database secara lebih mudah. Software Access 2002 pada umumnya tergabung dalam paket software Microsoft Office 2002 yang tersimpan dalam CD-ROM.
 SQL (Structured Query Language)?
Banyak diantara rekan-rekan chatting penulis di Yahoo! Messenger yang menanyakan tentang apa itu SQL, maksud dan artinya apa sih? Ini pertanyaan yang sangat menarik dan sangat cocok untuk dibuat artikel di situs ini. OK, sebelumnya ada beberapa point yang bisa Anda tanamkan di benak Anda mengenai SQL, baca beberapa point-point tersebut berikut ini.

- SQL adalah singkatan dari Structured Query Language
- SQL adalah sarana Anda untuk mengakses database
- SQL adalah suatu bahasa komputer yang mengikuti standard ANSI
- SQL dapat mengeksekusi query terhadap suatu database
- SQL dapat mengambil data dari suatu database
- SQL dapat menambahkan data ke dalam suatu database
- SQL dapat menghapus data pada suatu database
- SQL dapat melakukan update terhadap data pada database
- SQL itu sangat mudah untuk dipelajari
ORACLE

Oracle adalah perusahaan piranti lunak enterprise terbesar di dunia yang menyediakan piranti lunak enterprise kepada perusahaan dan organisasi terbesar dan paling sukses di dunia. Oracle menyediakan produk-produk database, application server, collaboration selain enterprise business applications dan perangkat application development. Oracle adalah perusahaan piranti lunak pertama yang mengembangkan dan 100 persen menggunakan piranti lunak enterprise diatas Internet diseluruh lini produknya. Sejak diluncurkannya database relational pertama di dunia pada tahun 1977, Oracle telah menjadi bagian penting dalam revolusi teknologi yang secara nyata mengubah bisnis modern. PT Oracle Indonesia adalah anak perusahaan dari Oracle Corporation, yang didirikan pada tahun 1995. Untuk mempermudah memahami tentang database Oracle, saya mencoba meng-organize tulisan-tulisan di blog ini. Ini sangat membantu bagi teman-teman yang sedang belajar database Oracle.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar